Ini Sangat Mengharukan, Dandim Batang Angkat Pencuri Menjadi Tenaga Honor

Ini Sangat Mengharukan, Dandim Batang Angkat Pencuri Menjadi Tenaga Honor
Suwarno dan keluarga. Foto: tangkapan layar video di laman TNI Angkatan Darat

jpnn.com, BATANG - Komandan Distrik Militer 0736/Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu mengangkat Suwarno menjadi tenaga honor di markas Kodim Batang, Jawa Tengah.

Siapa Suwarno? Pria berusia 53 tahun itu sebelumnya sempat berada di sel Polsek Bandar, Batang karena mencuri janur untuk menghidupi keluarganya.

Dandim Henry mengatakan, kasus pencurian janur yang dilakukan Suwarno terjadi Senin (18/5).

“Beliau mencuri karena disuruh sang istri, dorongan kebutuhan keluarganya, untuk bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19. Keesokan harinya (Selasa, 19/5) pukul 09.00 WIB, Suwarno diserahkan oleh puluhan warga ke Polsek Bandar karena tertangkap basah mencuri janur,” kata Henry, Rabu (20/5).

“(Suwarno) sempat disel di Polsek, tetapi berkat mediasi kepala desa akhirnya keluar dari tahanan,” imbuhnya.

Henry lantas mengungkapkan keprihatinannya, dorongan kemanusiaan atas nasib yang dialami warga binaannya.

"Mencuri apa pun bentuknya memang melanggar hukum, tetapi ketika ditanya alasannya hanya karena untuk kepentingan bertahan hidup, maka secara kemanusiaan sungguh menyentuh hati,” tutur Henry.

“Bapak Suwarno sendiri menganggur karena kena PHK dua bulan lalu dari bengkel di mana dia bekerja. Di tengah situasi seperti saat ini, mungkin tidak bisa juga menyalahkan pemilik bengkel yang memberhentikannya,” imbuhnya.

Dandim Batang Henry Napitupulu mengangkat seorang pria yang sempat ditahan di Polsek Bandar, menjadi tenaga honor di markas kodim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News