Ini Saran Gilbert Simanjuntak Agar Polusi Udara di Jakarta Dapat Teratasi

Ini Saran Gilbert Simanjuntak Agar Polusi Udara di Jakarta Dapat Teratasi
Arsip foto - Pengguna sepeda melintas disamping angkutan umum bus listrik TransJakarta di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/3/2022). Foto: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak angkat bicara terkait polusi udara di Ibu Kota.

Dia menilai kehadiran kendaraan listrik, menanam pohon, menyiram jalanan, dan kegiatan lainnya tak akan mampu mengatasi polusi.

"Semua Itu tidak menyentuh penyebab polusi," kata Gilbert saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Menurut dia sejumlah program pemerintah itu tidak diaplikasikan melalui pendekatan ilmiah yang berbasis riset data penyebab polusi agar lebih berpedoman.

Padahal, lanjut dia, ada beragam data mulai dari Kementerian Lingkungan Hidup yang menyatakan penyebab polusi yakni 44 persen dari kendaraan bermotor, 30 persen dari industri, dan sisanya rumah tangga yang bisa menjadi pedoman.

Selain itu bisa juga dari Dinas Lingkungan Hidup DKI yang menyatakan penyebab polusi udara yakni 70 persen dari kendaraan bermotor.

Solusinya, dia menyarankan agar adanya peningkatan transportasi publik di lokasi yang belum tersedia dan pemerintah tegas mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"LRT dan MRT butuh waktu lama dan biaya besar, tetapi TransJakarta paling memungkinkan, dengan penambahan jalur dan waktu antara (headway) yang tidak lama," jelasnya.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan kendaraan listrik tidak dapat menyelesaikan polusi udara di Ibu Kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News