Ini Skenario Jika Arus Balik di Tol Arah Jakarta Macet Panjang

Ini Skenario Jika Arus Balik di Tol Arah Jakarta Macet Panjang
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Polda Metro Jaya telah menyiapkan antisipasi jika terjadi kemacetan panjang di Gerbang Tol Cikarang saat arus balik Lebaran pada Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7). Upaya untuk memangkas kemacetan tidak hanya dengan menggratiskan tol, tetapi juga menyiapkan jalur alternatif.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono, ada dua jalur alternatif non-tol yang bakal dimanfaatkan untuk mengurai kemacetan. Yakni pintu keluar tol Cikarang Barat dan Cikarang Timur.

"Di sana ada Cikarang Barat dan Cikarang Timur. Itu akan digunakan untuk membuang kemacetan," kata Awi di Polda Metro Jaya usal salat Jumat  (8/7).

Selain itu ada pula skenario contra-flow yang juga bakal diterapkan bila rest area mulai memadat. "Kalau sudah padat di titik rest area akan kami berlakukan contra-flow, pasalnya kita tidak mungkin menutup rest area," katanya.

Awi menambahkan, laju kendaraan biasanya melambat ketika mendekati rest area. Bahkan sering terjadi penumpukan di rest area yang menimbulkan titik kemacetan.

"Itu yang harus dihindari. Makanya kami akan lakukan contra-flow dan gunakan dua jalur alternatif," beber dia.(elf/JPG/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News