Jumat, 19 Oktober 2018 – 12:53 WIB

Ini Tiga Ilmuwan Pemenang Nobel Kimia 2018

Kamis, 04 Oktober 2018 – 17:53 WIB
Ini Tiga Ilmuwan Pemenang Nobel Kimia 2018 - JPNN.COM

jpnn.com, STOCKHOLM - Rangkaian pengumuman nobelis berlanjut ke kategori Nobel Kimia. Kemarin (3/10) Royal Swedish Academy of Sciences menganugerahkan penghargaan bergengsi di bidang kimia tersebut kepada tiga ilmuwan. Yakni, Frances Arnold dan George P. Smith asal Amerika Serikat (AS), serta Sir Gregory P. Winter dari Inggris.

Tiga ahli kimia itu berbagi hadiah 9 juta krona (sekitar Rp 15 miliar). Smith dan Winter berbagi separo hadiah dan separo lainnya menjadi hak Arnold. Sebab, perempuan 62 tahun itulah yang menemukan fondasi penelitian yang lantas dikembangkan oleh dua nobelis yang lain.

"Para pemenang ini terinspirasi kekuatan evolusi. Mereka memanfaatkan perubahan genetik untuk menciptakan zat yang bisa menuntaskan masalah kimia," terang salah seorang Jubir Royal Swedish Academy of Sciences.

Arnold yang tercatat sebagai dosen ilmu kimia di California Institute of Technology meneliti enzim sebagai wadah reaksi kimia dalam tubuh. Penelitian tersebut dia lakukan sejak 1993.

Penelitian itulah yang lantas mendasari uji coba para ilmuwan modern dalam menciptakan bahan bakar nabati, obat-obatan, dan juga detergen ramah lingkungan. (bil/c4/hep)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar