Ini Tips Psikologi Bagi Guru Honorer Agar Lancar Tes PPPK 2021

Ini Tips Psikologi Bagi Guru Honorer Agar Lancar Tes PPPK 2021
Psikolog dari Lembaga Cahaya Hati, Nurina. Foto tangkapan layar YouTube Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Guru honorer K2 dan nonkategori dua di sekolah negeri bakal mengikuti pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK 2021 tahap I yang dimulai 13 September mendatang.

Menurut Psikolog dari Lembaga Cahaya Hati Nurina, secara psikologis persiapan dibutuhkan para guru honorer untuk mengatur afeksi atau perasaan.

Hal inilah yang menurut dia akan mendorong peserta untuk mempersiapkan diri secara lebih baik menjelang ujian nanti.

"Biasanya saat ujian, guru honorer peserta tes PPPK akan gugup hingga bisa berakibat lupa atas apa yang sudah dipelajarinya," kata Nurina dalam webinar persiapan tes PPPK yang diselenggarakan Ditjen GTK Kemendikbudristek baru-baru ini.

Dia menjelaskan dari aspek psikologi, manusia memiliki tiga komponen di dalam diri. Pertama, komponen kognitif atau kemampuan berpikir.

Kedua, komponen afektif atau kemampuan mengelola perasaan. Ketiga, kemampuan konatif atau kecenderungan diri untuk berperilaku.

Nurina menyebut jika hal tersebut ditata dan dikelola dengan baik, maka artinya kesuksesan sudah dalam genggaman individu yang bersangkutan.

“Persiapan secara kognitif, yang diandalkan pertama kali adalah kemampuan berpikir kita. Belajar yang diiringi dengan ketenangan batin, dan disertai dengan rasa optimistis," tuturnya.

Psikolog Nurina memberikan tips penting untuk guru honorer agar bisa sukses menjalanj tes PPPK 2021, simak selegkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News