Ini Tugas-tugas Berat Pengganti Panglima TNI Moeldoko

Ini Tugas-tugas Berat Pengganti Panglima TNI Moeldoko
Ilustrasi. FOTO: THOMAS KUKUH/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA-Bursa calon pengganti Panglima TNI Jenderal Moeldoko mulai diperbincangkan. Siapapun yang nanti akan dipilih oleh Presiden Jokowi, menurut politisi PDIP Tubagus Hasanudin, akan menghadapi tiga pekerjaan rumah.  Pertama, peningkatan displin, karena selama ini perkelahian personel TNI dengan aparat penegak hukum ¥¥¥masih sering terjadi.  

 Kedua, pembentukan karakter personel TNI yang profesional. Yakni TNI tidak boleh berpolik, berbisnis, dan harus bisa menempatkan diri pada tugasnya. 
    
“Lanjutkan profesionalisme, yaitu personel TNI tidak berpoliti, tidak berbisnis, dan bisa menempatkan diri pada urusannya, jangan malah ke sektor pertanian atau perhubungan,” tutur Tb Hasanuddin di Jakarta, kemarin (31/5).
    
Terakhir, menurut anggota Komisi I DPR RI ini, panglima TNI pengganti Jenderal Moeldoko harus melanjutkan program Minimum Essential Force (MEF). “Lanjutkan program Minimum Essential Force. Itu harus dilanjutkan, jangan berhenti, agar TNI punya satuan pemukul,” imbaunya.
    
Lalu, terkait Kepala Staf dari matra mana yang akan diangkat sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Moeldoko, Hasanuddin menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo, tergantung bagaimana Presiden melihat kebutuhan dalam penguatan visi dan misi pemerintahan yang dipimpin.
    
“Terserah beliau mau dari Angkatan Udara, Angkatan Laut, atau Angkatan Darat, terserah Pak Jokowi,” terangnya.
    Namun, dia yakin, seluruh Kepala Staf yang nantinya diangkat menjadi Panglima TNI akan siap membantu Presiden Jokowi mewujudkan visi dan misi pemerintahan yang diusung. “Sebagai pelaksana siapa saja bisa (membantu presiden mewujudkan visi dan misi),” tutup Hasanuddin. (dil)


JAKARTA-Bursa calon pengganti Panglima TNI Jenderal Moeldoko mulai diperbincangkan. Siapapun yang nanti akan dipilih oleh Presiden Jokowi, menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News