Ini Tujuh Daerah yang Masih Berstatus Zona Merah di Sulsel

Ini Tujuh Daerah yang Masih Berstatus Zona Merah di Sulsel
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, MAKASSAR - Sebanyak tujuh daerah dari total 24 kabupaten kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan masih menyandang status zona merah dengan tingkat resiko tinggi penyebaran coronavirus disease (COVID-19), sisanya berstatus orange, kuning, dan hijau.

"Untuk pasien positif di kabupaten kota sudah ditarik ke Makassar. Jadi tidak ada (pasien positif) kecuali di Luwu Timur. Karena disana ada PT Vale, ada Rumah Sakit Awal Bros, mereka sudah siapkan tempat isolasi," ucap Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah, usai pencanangan gerakan bersama percepatan penanganan COVID-19 di tribun lapangan Karebosi Makassar, Senin.

Berdasarkan data tim Pakar Gugus Tugas Pemprov Sulsel, wilayah kabupaten kota yang berstatus zona merah ada tujuh daerah masing-masing Kota Makassar, Kota Pare-pare, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Luwu Timur.

Selanjutnya, zona kuning berada di empat daerah, yaitu Kabupaten Kepulauan Selayar, menyusul Kabupaten Bone, kemudian Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Luwu Utara.

Sedangkan daerah yang berstatus zona oranye berada di enam daerah yakni Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Luwu, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Sinjai.

Sementara baru enam wilayah kabupaten kota yang telah masuk ke zona hijau yakni, Kota Palopo, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Barru, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Wajo.

"Kita bisa lihat dari beberapa daerah, kita klasifikasi mana yang sudah masuk zona hijau, zona kuning, zona oranye, dan merah. Sekarang ini Makassar masih masuk zona merah," sebut dia.

Menurut Nurdin, gerakan percepatan penanganan ini lahir dari gerakan bersama-sama untuk mencegah penularan virus corona, apalagi Kota Makassar masuk zona merah, sehingga diperlukan perhatian khusus.

Sebanyak tujuh daerah dari total 24 kabupaten kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan masih menyandang status zona merah dengan tingkat resiko tinggi penyebaran coronavirus disease (COVID-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News