Ini Upaya Balitbang Kemendagri Menggenjot Pemda agar Terus Berinovasi

Ini Upaya Balitbang Kemendagri Menggenjot Pemda agar Terus Berinovasi
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Inovasi Daerah pada Daerah Kurang Inovatif dan Tidak Dapat Dinilai, di Surabaya, Rabu (9/3). Foto: Humas Balitbang Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan pentingnya Pemerintah Daerah (Pemda) terus mengembangkan inovasi.

Pemda yang masuk kategori “kurang inovatif” diminta untuk belajar dan terus berkolaborasi dalam upaya meningkatkan capaian Indeks Inovasi Daerah di wilayah masing-masing.

Pelaksana Harian Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Plh Kabalitbang) Kemendagri Eko Prasetyanto menyatakan pihaknya akan terus membantu melakukan pembinaan terhadap pemda untuk meningkatkan kualitas inovasi.

“Inovasi daerah bukanlah satu urusan pemerintahan, tetapi ada pada setiap urusan. Sebab itu pemda dapat menggunakan kesempatan ini untuk bertukar pikiran, mempelajari daerah lain, dan terus berkolaborasi aggar kerja-kerja inovasi yang dilakukan ke depan dapat terencana, terpadu, dan selaras,” ucap Eko dalam acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Inovasi Daerah pada Daerah Kurang Inovatif dan Tidak Dapat Dinilai, di Surabaya, Rabu (9/3).

Peningkatan inovasi daerah menjadi perhatian Kemendagri beberapa waktu ke depan, setelah sebelumnya pada pengukuran Indeks Inovasi Daerah tahun lalu diketahui 166 kabupaten/kota mendapatkan predikat “kurang inovatif” dan 23 daerah yang tidak dapat dinilai.

Agar jumlah pemda yang masuk kategori tersebut bisa turun, Kemendagri mengagendakan kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan capaian inovasi di masing-masing wilayah.

“Kegiatan yang dilangsungkan di Surabaya ini adalah salah satu bagian dari pembinaan tersebut,” ujar Eko.

Birokrat bergelar doktor itu berharap para peserta dapat menginventarisasi dan mengidentifikasi permasalahan, serta dapat pula mengukur kekurangan dan kelebihan daerah masing-masing untuk memperbaiki sektor pelayanan publik dan urusan lain yang menjadi kewenangan daerah.

Balitbang Kemendagri berkomitmen terus membantu melakukan pembinaan terhadap pemda untuk meningkatkan kualitas inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News