Ini Upaya Bea Cukai Mendukung UMKM Ekspor Mandiri dan Berkelanjutan

Ini Upaya Bea Cukai Mendukung UMKM Ekspor Mandiri dan Berkelanjutan
Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY menggelar temu daring bertajuk Sharing Session Business Matching UMKM, pada Kamis (13/4). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, TEGAL - Bea Cukai terus berupaya mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar naik kelas melalui sosialisasi ekspor dan koordinasi antarinstansi pemerintah.

Pasalnya, UMKM dinilai sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, karena berkontribusi besar dalam produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan penyerapan tenaga kerja.

Kepala Kantor Bea Cukai Tegal Yudi Hendrawan menyampaikan UMKM di Kabupaten Batang memiliki potensi menembus pasar internasional.

Sayangnya, potensi ini belum diimbangi pengetahuan para pelaku usaha mengenai tata laksana ekspor.

Dalam kegiatan bertajuk Sekolah Ekspor, Bea Cukai Tegal bersama Komunitas Muda Berbahaya menggelar sosialisasi kepada sejumlah 20 pelaku UMKM di Kabupaten Batang.

"Intinya adalah bagaimana teman-teman UMKM ini bisa semakin maju dengan tujuan utama bagaimana mereka bisa melakukan ekspor terhadap produk-produknya," ujar Yudi Hendrawan pada kegiatan Sekolah Ekspor di aula kantor Bupati Batang, Rabu (12/4).

Yudi menyebut sudah membimbing tujuh UMKM dengan potensi ekspor.

Saat ini, dua pelaku UMKM sudah melakukan ekspor mandiri sedangkan pelaku UMKM lainnya melakukan ekspor melalui pihak ketiga.

Bea Cukai terus berupaya mendukung UMKM ekspor mandiri dan berkelanjutan, seperti yang dilakukan di daerah ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News