Ini yang Dilakukan Pemerintah Agar WNI di Malaysia Tak Mudik

Ini yang Dilakukan Pemerintah Agar WNI di Malaysia Tak Mudik
WNI di Malaysia. Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus membagikan paket bantuan sembako bagi para WNI yang terdampak kebijakan pembatasan pergerakan di Malaysia, sekaligus sebagai salah satu upaya agar mereka tidak mudik ke Indonesia.

“Terkait pembatasan pergerakan di Malaysia, pemerintah Indonesia aktif membagikan pasokan sembako. Ini juga menjadi salah satu aspek yang dilakukan untuk membuat WNI kita tetap tinggal di sana dan tidak memutuskan pulang ke Tanah Air,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat menyampaikan keterangan pers secara virtual dari Jakarta, Rabu (22/4).

Hingga 21 April 2020, sebanyak total 171.864 paket bantuan sembako telah dibagikan kepada para WNI yang paling rentan, karena mata pencariannya di Malaysia terdampak wabah COVID-19.

Menurut Faizasyah, paket bantuan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan mendasar para WNI, yang sebagian besar bekerja di sektor informal, sampai memasuki bulan Ramadhan.

Selain di Malaysia, imbauan agar WNI tidak mudik juga disampaikan oleh Duta Besar RI di Singapura mengingat pola kecenderungan WNI yang pulang ke kampung halaman saat mendekati Hari Raya Idul Fitri berasal dari dua negara tetangga Indonesia itu.

“Sejalan dengan imbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik, perwakilan RI di luar negeri juga telah mengimbau masyarakat kita di sana,” kata Faizasyah.

Guna mencegah penyebaran COVID-19, Presiden Joko Widodo telah melarang seluruh masyarakat Indonesia mudik ke kampung halaman saat menyambut Idul Fitri 1441H pada akhir Mei mendatang.

Keputusan itu diambil dalam rapat terbatas melalui konferensi video pada Selasa (21/4), karena Presiden tidak ingin mengambil risiko penyebaran COVID-19 lebih luas lagi. (antara/jpnn)

Guna mencegah penyebaran COVID-19, Presiden Joko Widodo telah melarang seluruh masyarakat Indonesia mudik ke kampung halaman saat menyambut idulfitri mendatang.


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News