Ini yang Harus Kamu Ketahui dari Minyak Esensial Jeruk

Ini yang Harus Kamu Ketahui dari Minyak Esensial Jeruk
Minyak lemon. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Jeruk tidak hanya enak dikonsumsi buahnya, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak esensial. Minyak esensial jeruk diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat minyak esensial jeruk, seperti dilansir laman Stylecraze, baru-baru ini.

1. Agen anti-stafilokokus

Uap minyak ini kaya akan linalool, limonene, citronellal, dan terpineol memiliki sifat antibiotik dan bakterisida yang kuat. Minyak jeruk, yang dikombinasikan dengan minyak kayu putih, bisa mempercepat penyembuhan luka. Ini mengandung carvacrol, thymol, dan cinnamaldehyde. Oleh karena itu, minyak atsiri jeruk bisa menyembuhkan beberapa gangguan kulit seperti eksim, jerawat, dan luka bakar.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Hati dengan 6 Minyak Esensial Ini

2. Anxiolytic dan relaxant

Sekresi melatonin menurun seiring bertambahnya usia, dan menyebabkan ritme biologis meningkat. Aromaterapi dengan minyak seperti jeruk manis, lavender, dan cemara bisa mempromosikan sekresi serotonin dan endorfin. Endorfin menciptakan efek sedatif, sementara serotonin berikatan dengan enzim pada malam hari untuk menghasilkan melatonin, sehingga bisa membantu Anda tidur. Meningkatkan sekresi endorphin dan serotonin menggunakan aromaterapi bisa membantu lansia tidur secara teratur dan mengurangi kecemasan dan agitasi terkait insomnia. Menghirup uap minyak jeruk manis juga bisa membantu wanita hamil mengatasi kecemasan selama persalinan.

3. Fungsi paru-paru dan peningkat kinerja atletik

Jeruk tidak hanya enak dikonsumsi buahnya, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News