Ini yang Membuat Pak SBY Sampai ke Bareskrim

Ini yang Membuat Pak SBY Sampai ke Bareskrim
Pak SBY dan Bu Ani mendatangi Bareskrim untuk melaporkan Firman Wijaya. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi mempolisikan Firman Wijaya selaku kuasa hukum Setya Novanto ke Bareskrim Polri. Pelaporan berkaitan fitnah yang dilontarkan Firman di media massa usai persidangan korupsi e-KTP.

Kuasa hukum SBY, Ferdinand Hutahaean mengatakan, kliennya tak mempermasalahkan kesaksian Mirwan Amir di persidangan dan buku catatan Novanto. Karena kata dia itu adalah fakta persidangan yang tak bisa dipolisikan.

Adapun yang mendasari pelaporan ini adalah ucapan Firman kepada wartawan usai persidangan. Ketika itu Firman menyebut ada intervensi tokoh besar dalam kasus e-KTP, kemudian mengaitkan dengan pemenang Pemilu 2009.

"Beliau (Firman) diwawancarai media di luar persidangan, mengembangkan sendiri keterangan Mirwan Amir. Kami dengar, Mirwan Amir tidak pernah menyebut tokoh besar, orang besar, intervensi. Tidak ada Mirwan Amir menyebut kesaksian itu di persidangan," kata dia di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Menurut dia, ucapan Firman tidak sesuai dengan tugasnya untuk membela Novanto sebagai klien. Tapi yang dilakukan Firman adalah opini yang dikembangkan dan tak berdasar. "Masa membela klien dengan memfitnah orang lain? Kami mengerti cara membela klien, tapi enggak boleh memfitnah," tegas dia.

Diketahui, SBY resmi melaporkan Firman ke Bareskrim Polri. Laporan diterima dengan nomor laporan LP/187/II/2018/Bareskrim, tanggal 6 februari 2018. Di laporan SBY, Firman diduga melanggar Pasal 310 KUHP juncto Pasal 311 KUHP juncto Pasal 27 ayat 3 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (mg1/jpnn)

Ini yang Membuat Pak SBY Sampai ke Bareskrim


Pak SBY menilai Firman Wijaya mengembangkan sendiri keterangan Mirwan Amir usai persidangan.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News