Inilah 6 Desa Finalis Lomba Kampung Sehat yang Digagas Kapolda NTB Irjen Iqbal

Inilah 6 Desa Finalis Lomba Kampung Sehat yang Digagas Kapolda NTB Irjen Iqbal
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal saat meluncurkan program Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Juli 2020 lalu. Dokumentasi pribadi

jpnn.com, MATARAM - Sebanyak 6 desa menjadi finalis terkait lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digagas Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal.

Keenam desa itu nantinya akan diseleksi kembali untuk menentukan siapa pemenang terkait lomba tersebut.

"Tim penilai tingkat Provinsi sudah terjun ke 10 kabupaten atau kota di wilayah NTB. Dengan selesainya tugas tim penilai tingkat provinsi di seluruh kabupaten/kota, telah mendapatkan 6 nominator terbaik Lomba Kampung Sehat," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto dalam keterangan yang diterima, Jumat (6/11).

Keenam desa yang lolos ke babak final ialah Desa Kembang Kuning,Lombok Timur; Desa Perenek, Sumbawa; Desa Mura, Sumbawa Barat; Dasan Cermen, Mataram; Desa Genggelang, Lombok Barat; dan Desa Pesanggrahan, Lombok Timur.

Menurut Arianto, keenam desa itu akan kembali dinilai dari segi prestasinya. Termasuk upaya desa dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

"Seperti kekompakan warganya dan inovasinya. Seperti misalnya Desa Mura, yaitu melaksanakan program dengan penguatan Dasawisma, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, membuat taman-taman desa sebagai tempat bermain warga Desa Mura agar tidak bermain keluar untuk mencegah COVID-19 dan sebagai tempat berjualan UMKM yang ada," ujar Artanto.

Artanto menuturkan untuk mengapreasiasi semua pihak yang memeriahkan lomba ini, panitia juga memilih bupati, kapolres, dandim, kadis, camat, kapolsek, danramil, kades atau lurah, serta bhabinkamtibmas dan babinsa terbaik dari 10 kabupaten atau kota.

"Panitia juga akan menilai tempat ibadah, pasar dan tempat wisata terbaik," ucap Artanto.

Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digagas oleh Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal memasuki tahap akhir. 6 desa menjadi kandidat finalis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News