Inilah Alasan Megawati Menamai Laksamana Malahayati pada Kapal RS Terapung

Inilah Alasan Megawati Menamai Laksamana Malahayati pada Kapal RS Terapung
Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati. Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasannya penamaan Laksamana Malahayati pada Kapal Rumah Sakit Terapung.

Hal itu disampaikannya saat dalam acara peresmian operasional Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati dan Kapal Kesehatan Rakyat di Kade Inggom, VVQ9+5M6, Pelabuhan Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Sabtu (10/6).

"Kenapa saya kasih nama Malahayati? Karena saya kagum sekali sama Ibu Malahayati itu saya baca sejarahnya. Jadi, dia ini bukan laksamana simbolis, dia laksamana betul, karena ketika bapaknya yang katanya raja, itu juga laksamana, itu gugur digantikan oleh beliau," kata Megawati.

Presiden Kelima RI ini menerangkan rakyat pengikut sang raja lalu menjadikan Malahayati menjadi laksamana tempur.

Laksamana Malahayati lalu bertempur dengan Penjelajah Belanda Cornelis de Houtman.

Mengenang kisah perjalanan Malahayati, Megawati merasa takjub sehingga menamainya pada kapal rumah sakit agar bisa menginspirasi kaum perempuan.

"Saya dengar itu bangganya kayak apa, jadi, saya selalu memberi juga membangkitkan semangat kaum perempuan Indonesia," kata Megawati.

Megawati menilai perempuan seharusnya bisa menunjukkan kemajuan seperti yang dilakukannya. Menurutnya, perempuan bisa menjadi presiden, wakil presiden, ketua umum partai politik, seperti dirinya.

Megawati merasa takjub sehingga menamai Laksamana Malahayati pada kapal rumah sakit terapung agar bisa menginspirasi kaum perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News