Inilah Daftar Klub ISC yang sudah Mengantongi IMTA

Inilah Daftar Klub ISC yang sudah Mengantongi IMTA
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mengakui masih ada klub yang dokumen pemain asingnya belum sesuai prosedur. Dari 18 klub ISC, hanya empat klub saja yang memiliki Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemenaker, Maruli A. Hasoloan saat dihubungi, Kamis (8/9) mengakui, tidak semua klub yang bermasalah. 

"Setelah dipanggil, ada empat klub yang telah menyelesaikan IMTA. Yakni Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Persipura Jayapura, dan Persegres Gresik," tuturnya.

Selain itu, sebagian besar klub juga baru mengajukan dokumen rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) ke Kemenaker.

"Kalau sudah ada RPTKA, baru nanti Kemenaker bisa menerbitkan IMTA," tuturnya.

Dengan kenyataan ini, maka diketahui bahwa klub-klub ternyata tak bisa didiamkan saja. Operator yang tak menjalankan regulasi, awalnya memang tertutup dan tak diketahui publik.

Namun, hasil penelitian dari Save Oir Soccer menghasilkan data mencengangkan, ada pemain-pelatih asing yang dokumen Proseduralnya belum lengkap. Karena itu, pemerintah bergerak dan klub-klub juga mulai mematuhi peraturan pemerintah. (dkk/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mengakui masih ada klub yang dokumen pemain asingnya belum sesuai prosedur. Dari 18 klub ISC, hanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News