Inilah Daftar Klub Liga 3 Nasional, Digeber Awal Desember

Inilah Daftar Klub Liga 3 Nasional, Digeber Awal Desember
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Liga 3 atau kompetisi amatir sudah memasuki babak putaran nasional yang akan digelar di Jawa Tengah, 3-17 Desember mendatang.

Dari hasil drawing yang dilakukan di kantor PSSI di Jakarta, tadi malam, total ada 24 tim yang lolos langsung ke putaran nasional dan 24 tim yang harus mengikuti babak playof sebelum mendapatkan jatah ke putaran final itu.

Babak playof sendiri mulai digelar, juga terpusat di Jawa Tengah mulai 28 - 30 November mendatang di Stadion Citarum Semarang, Stadion Kebon Dalem Kendal, Stadion Wergu Wetan Kudus, dan Bumi Kartini Jepara.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa, Liga 3 tersebut adalah cerminan level dasar sepak bola Indonesia.

Sebab, dari kompetisi itu akan terlihat bagaimana kualitas sepak bola tanah air. "Bagi kami, Liga 3 ini adalah miniaturnya Piala Dunia Indonesia. Karena formatnya hampir sama," kata Tisha.

Dia menjelaskan, dari total 24 tim yang ikut babak playoff akan memperebutkan delapan jatah tiket ke babak final untuk melengkapi 32 besar tim yang akan berlaga di putaran nasional tersebut.

"Karena kuota untuk masing-masing provinsi tidak mesti satu provinsi diwakili satu tim. Karena ada provinsi yang juga diwakili oleh lebih dari dua tim," ucapnya.

Halid Latuamury, pelatih PS Pelauw Putra yang tidak lain adalah juara dari zona Maluku, mengungkapkan, mereka sudah siap untuk bertarung dengan klub lain untuk memperebutkan satu tiket putaran nasional dari babak playoff.

Dari total 24 tim yang ikut babak playoff Liga 3 akan memperebutkan delapan jatah tiket ke babak final.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News