Inilah Hasil Audit Piala Presiden 2015, Pak Jokowi pun Perlu Tahu

Inilah Hasil Audit Piala Presiden 2015, Pak Jokowi pun Perlu Tahu
Presiden Joko Widodo bersama Ketua SC Piala Presiden 2015 Maruarar Sirait (paling kanan), auditor PWC Lok Budianto (paling kiri), serta Bos Mahaka Group, Erick Thohir (memegang kertas hasil audit) di Istana Negara, Selasa (5/1). Foto: RMO

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga auditor Price Waterhouse Cooper (PWC) Indonesia telah menuntaskan hasil audit atas penyelenggaraan Piala Presiden 2015 yang berakhir pada 18 Oktober 2015 silam. Hasil auditnya adalah wajar tanpa pengecualian (WTP).

Sebagaimana diberitakan RMOL, Hasil audit atas penyelenggaraan Piala Presiden 2015 itu dilaporkan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Selasa (5/1). Auditor dari PWC yang bertanggung jawab atas audit Piala Presiden 2015, Lok Budianto menyatakan, penyelenggaraan turnamen yang akhirnya dimenangi Persib Bandung itu benar-benar transparan.

"Opini kami terhadap Piala Presiden 2015 adalah wajar tanpa pengecualian atau kita kenal dengan WTP. Dengan opini ini artinya Piala Presiden benar-benar transparan dan akuntabel," kata Lok usai bertemu dan melaporkan hasil audit kepada Presiden Joko Widodo.

Lok yang dalam kesempatan itu didampingi Ketua Panitia Pengarah Paial Presiden, Maruarar Sirait mengatakan, meski kick off dilakukan pada 30 Agustus, namun proses audit sudah dilakukan sejak 26 Agustus 2015.  "Karena sebelum kick-off kan pasti sudah ada penerimaan, ada sponsor,” tuturnya.

Karenanya, semua pemasukan dan pengeluaran dana dalam penyelenggaraan Piala Presiden 2015 pun tak luput dari audit PWC. Audit itu juga menjangkau bayaran untuk wasit, hadiah, hingga fasilitas turnamen.

“Kami juga cek, apakah semua pengeluaran dan penerimaan tercatat benar-benar tidak. Kami juga konfirmasi ke bank. Setelah itu kami keluarkan opini WTP. Opini ini bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Lok menjelaskan, Presiden Jokowi memberi respon positif atas hasil audit itu. Sebab, audit itu menjadi bukti Piala Presiden 2015 benar-benar transparan dan akuntabel.

Namun, Lok juga memuji kiprah Maruarar. Sebab, politikus PDIP itu pula yang sejak awal wanti-wanti agar Piala Presiden 2015 bebas dari patgulipat.

JAKARTA - Lembaga auditor Price Waterhouse Cooper (PWC) Indonesia telah menuntaskan hasil audit atas penyelenggaraan Piala Presiden 2015 yang berakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News