Inilah Kira-kira Efek Ucapan Arteria Dahlan soal Sunda bagi PDIP di Jabar

Inilah Kira-kira Efek Ucapan Arteria Dahlan soal Sunda bagi PDIP di Jabar
Pengamat politik Dedi Kurnia. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal menerima imbas pernyataan kontroversial kadernya, Arteria Dahlan, soal Sunda.

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menilai partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan kesulitan meningkatkan tingkat keterpiluhannya di Jawa Barat (Jabar).

"Situasi ini akan menyulitkan PDIP di Jabar untuk memperbaiki kondisi elektabilitasnya," kata Dedi kepada JPNN.com, Jumat (21/1).

Namun, Dedi memprediksi suara PDIP di Jabar pada Pemilu 2024 masih stabil. Alasannya ialah masyarakat Indonesia gampang lupa.

"Pemilih di Indonesia rata-rata mudah memaafkan. Pemilu masih 2024 memungkinkan publik sudah lupa dengan situasi hari ini," ulas direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) itu.

Dedi menambakan survei IPO justru menunjukkan elektabilitas PDIP saat ini cenderung stabil. Elektabilitas partai pemenang Pemilu 2019 itu juga masih teratas.

"Kami membaca situasi di Jabar juga akan serupa, tidak banyak perubahan pada elektabilitas, terlebih Jabar memang bukan lumbung suara PDIP," ujar pria yang juga anggota Komisi Politik KNPI Jawa Barat itu.

Sebelumnya, Arteria Dahlan menjadi sasaran kritik dan hujatan karena meminta Jaksa Agung St Burhanuddin memecat kepala kejaksaan tinggi (kajati) yang menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat. 

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah mengulas potensi suara PDIP di Jabar pada Pemilu 2024 pascakontroversi pernyataan Arteria Dahlan soal Sunda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News