Inilah Kronologis Tanker Malaysia yang Dibajak Perompak

Inilah Kronologis Tanker Malaysia yang Dibajak Perompak
Para ABK Tanker MT Orkim Harmony berpose setelah tiba di Kuantan Pelabuhan. Foto: Internet screengrab: Twitterabihanaa

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno membeberkan bagaimana kronologis kapal tanker MT Orkim Harmony dibajak perompak hingga penembakan salah satu koki kapal pada 11 Juni lalu.

Ia menuturkan koki asal Indonesia, Mawit Matin, 46, ditembak di paha setelah berduel dengan salah satu bajak laut ketika para perompak naik ke atas kapal malam kejadian.

Malam kejadian Mawit Matin, pergi keluar ingin membuang sampah. Ketika diluar ia melihat salah satu tersangka dan langsung mengejarnya. Mawit terkejut dan langsung bereaksi mencoba untuk melawan perompak tersebut.

"Itu adalah awal ketika ia ditembak," kata Prayitno seperti dilansir The Star Online, Sabtu (20/6).

Dia mengatakan empat awak Indonesia lainnya - Nelson Hasiholan Sitorus, Natan Kombongan, Iwan Asriadi dan Direktur Kapal Bambang Suryawan - sedang di Kuantan dengan pelaut lainnya menjalani pemeriksaan oleh pihak berwenang Malaysia.

Kedutaan akan membantu warga Indonesia untuk kembali ke rumahnya masing-masing setelah penyelidikan pembajakan selesai.

Prayitno mengatakan kedutaan masih berusaha untuk memastikan kewarganegaraan dari delapan perompak yang ditangkap di dekat sebuah pulau di Vietnam, Kamis lalu, meskipun Angkatan Laut Malaysia mengatakan mereka orang Indonesia.

Wakil Direktur Jenderal (operasi) Agen Keamanan Laut Malaysia, Maritim Laksamana Datuk Ahmad Puzi Ab Kahar mengatakan koki sudah mengkonfirmasi dan membenarkan mereka adalah pembajak kapal MT Orkim Harmony.

KUALA LUMPUR - Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno membeberkan bagaimana kronologis kapal tanker MT Orkim Harmony dibajak perompak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News