Inilah Penilaian Komisi II DPR terhadap Kinerja Menteri Yuddy

Inilah Penilaian Komisi II DPR terhadap Kinerja Menteri Yuddy
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Komisi II DPR menilai kinerja Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) selama setahun ini cukup bagus. Bahkan, beberapa kebijakan Menteri Yuddy dinilai spektakuler dan mungkin tidak bisa dilakukan menteri lainnya.

Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman mengungkapkan, MenPAN-RB di hadapkan dengan berbagai persoalan. Sebut saja e‎fisensi kerja, juga penataan administrasi birokrasi yang sangat berat.

"Namun Menteri Yuddy bisa menyelesa‎ikan masalah itu perlahan-lahan. Memang keberhasilan Pak Yuddy ini tidak langsung terlihat sekarang, tapi akan tampak di masa berikutnya," kata Rambe di sela-sela raker dengan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, Selasa (20/10).

Kebijakan nyata yang sangat dirasakan adalah penyelesaian honorer K2, penanganan bidan PTT, pembenahan administrasi kepegawaian. "Memang masih ada banyak PR yang harus dikerjakan Menteri Yuddy seperti penyelesaian PP turunan UU ASN, dan lainnya. Namun secara pribadi, saya menilai kinerja Menteri Yuddy cukup baik dan berhasil dalam penataan manajemen birokrasi,"‎ beber politikus Golkar ini.

Pernyataan yang rada mirip juga diungkapkan Arteria Dahlan. Anggota Komisi II dari F-PDIP ini mengaku salut dengan kepemimpinan Yuddy. Di usia kerja yang setahun, kerjanya sangat optimal. Tolok ukurnya dilihat dari kebijakan mengangkat honorer K2 dan bidan PTT.

‎"Saya katakan, MenPAN-RB paling sering cuci piring. Di tengah banyaknya tekanan, beliau mampu menuntaskan masalah satu per satu. Dan saya yakin, tidak ada menteri yang bisa seberani Pak Yuddy dalam menuntaskan masalah kepegawaian di republik ini," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi II Lukman Eddy bersikap lain. Politikus PKB ini hanya memberikan saran agar Menteri Yuddy fokus menyelesaikan honorer K2, menertibkan assesment pejabat eselon I di kementerian/lembaga yang kacau balau, serta memperbaiki mesin birokrasi yang masih lamban.

"Saya hanya ingin menyarankan Menteri Yuddy melakukan tiga hal tersebut karena ketiganya memberikan sumbangan atas melambatnya pertumbuhan ekonomi. Kalau ketiganya bisa‎ diperbaiki, program nawacita Presiden Jokowi bisa tercapai," bebernya.

JAKARTA--Komisi II DPR menilai kinerja Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News