Inilah Ranking Kebebasan Pers Indonesia dari 180 Negara

Inilah Ranking Kebebasan Pers Indonesia dari 180 Negara
ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Dunia pers tak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat di dunia. Persaingan bisnis, berebut hati pembaca hingga berkompetisi mencari bahkan membuat fakta mewarnai kehidupan pengumpulan dan penyiaran berita.

Reporters Without Borders, sebuah organisasi non-pemerintah yang mempromosikan dan membela kebebasan informasi serta kebebasan pers, terus memantau perkembangan pers di belahan dunia. 

Organisasi yang memiliki status konsultan di PBB tersebut, baru-baru ini mengeluarkan peringkat baru Indeks Kebebasan Pers Dunia. 

Finlandia masih berada di tempat pertama. Posisi puncak ini sudah dipertahankan negara di Eropa utara itu sejak 2012. Untuk diketahui, Reporters Without Borders hanya mengevaluasi 180 negara. 

Tolak ukur dari penilaiannya beragam, di antaranya, pluralisme, independensi media, sensor, dan transparansi.

Peringkat berapa Indonesia?

Indonesia tergelincir enam peringkat dibanding tahun lalu. Kini ranking kebebasan pers nasional hanya ada di peringkat 138. Total skor ada di angka 40,75 dari nilai maksimal 100. Semakin tinggi angkanya, berarti kebebasan pers semakin berkurang. 

Tahun lalu, Indonesia ada di peringkat 132. Sementara dua tahun sebelumnya berada di peringkat 139 (Lihat peringkat).

JAKARTA - Dunia pers tak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat di dunia. Persaingan bisnis, berebut hati pembaca hingga berkompetisi mencari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News