Inilah Spesifikasi KPC Kal Mapor si Gesit Milik TNI AL

Inilah Spesifikasi KPC Kal Mapor si Gesit Milik TNI AL
Kapal buatan Batam ini dilengkapi sistem persenjataan modern. Foto: Batam Pos / JPNN

jpnn.com - BATAM - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kalitbang) Kemenhan Mabes TNI, Laksamana Pertama TNI Budihardja Raden mengatakan kapal patroli cepat buatan Batam sudah diluncurkan.

Kapal gesit tersebut memiliki  spesifikasi yang cukup handal dan sistem persenjantaan modern. Dengan panjang 30 meter dan lebar 5,85 meter, berbahan aluminium, KCR ini diperkuat dengan mesin 2x1.650 hp berkecepatan 34 knot.

"Jadi memang cukup cepat untuk ukuran kapal patroli cepat," kata Budiharja seperti dikutip dari batampos.co.id (Jawa Pos Group), Selasa.

Soal persenjataan jangan ditanya. Kapal ini tidak saja dirakit sebagai KPC yang gesit, tapi juga dilengkapi dengan sistem persenjataan modern dan lengkap. Bahkan sistem persenjataan, KPC ini bisa ditingkatkan dengan roket jarak jauh. 

"Nanti bisa ditambah dengan roket untuk tembakan jarak jauh," ujarnya.

Pengadaan KPC ini merupakan program pengadaan alutsista Kemenhan melalui Pusat Alat Peralatan Pertanahan (Pusalpalhan) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementrian Pertahanan (Kemenhan) RI tahun 2014 lalu, dengan menelan APBN senilai Rp 33,253 miliar.  

"Dengan adanya KPC terbaru itu, Budihardja berharap agar Lantamal IV Tanjungpinang mampu mengatasi atau meminimalisir kejahatan di perairan Kepri.

S Irawan menyambut baik pemberian KPC terbaru itu. Menurut Irawan,  KPC Kal Mapor ini akan sangat membantu pihaknya untuk mengawas dan mencegah aksi kejahatan di perairan Kepri. "Ini KPC (terbaru) yang pertama. Kami berharap idealnya KPC seperti ini 30 an unit di Kepri," ujar Irawan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News