Inilah Tanggapan Bupati Soal Antusiasme Warganya Ikuti GPN Kuningan

Inilah Tanggapan Bupati Soal Antusiasme Warganya Ikuti GPN Kuningan
Gowes Pesona Nusantara. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, KUNINGAN - Sedikitnya 5.000 pesepeda yang berasal dari 10 Kabupaten/Kota di sekitar Kuningan memadati halaman depan Pendopo Bupati Kuningan untuk mengikuti Gowes Pesona Nusantara Kuningan bertajuk "Naskah Perjanjian Linggajati" akhir bulan lalu.

Tak hanya komunitas sepeda, Program yang digagas Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam payung besar Ayo Olahraga ini dalam rangka membudayakan dan menggiatkan masyarakat untuk senang, gembira dalam berolahraga, juga diramaikan dengan senam massal dan jalan sehat.

"Alhamdulillah Gowes Pesona Nusantara Kabupaten Kuningan diikuti ribuan komunitas sepeda dan komunitas lainnya yang datang dari Kota/Kabupaten di sekitar Kuningan," kata Bupati Kuningan Acep Purnama sebelum pengibaran bendera start.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada Kemenpora yang telah memberikan kesempatan Kabupaten Kuningan untuk menggelar Gowes Pesona Nusantara dalam rangkaian HUT Kemerdekaan Indonesia dan Hari jadi Kota Kuningan ke 519 pada 1 September mendatang. 

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan air yang sebelumnya diambil dengan upacara adat dari patilasan Cibulan dan tanah yang diambil dari Gedung Perjanjian Naskah Linggajati yang diserahkan kepada Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Bambang Laksono.

Selanjutnya air dan tanah dari Kuningan nantinya akan disatukan dengan air dan tanah dari Kabupaten/Kota lainnya dari berbagai Provinsi di Indonesia yang akan membentuk monumen tanah air di gunung Tidar Magelang Jawa Tengah pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September mendatang.

"Tanah Linggajati tercatat dalam sejarah sebagai tempat dilaksanakannya perjanjian penting berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia sementara Cibulan adalah tempat patilasan Prabu Siliwangi. Prosesi ketradisionalan kita terwakili melalui Tanah dan air ini sebagai kesatuan Nusantara yang akan membentuk Monumen tanah air di Magelang," katanya lebih lanjut.

Sesdep Deputi Pembudayaan Olahraga Bambang Laksono menyatakan sangat terkesan dengan antusiasme masyarakat Kuningan yang memenuhi halaman depan pendopo Bupati Kuningan untuk mengikuti Gowes dan berolahraga bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News