Inovasi Baru dari 396 Startup Teknologi Akan Hadir di Pameran I3E 2019

Inovasi Baru dari 396 Startup Teknologi Akan Hadir di Pameran I3E 2019
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 396 innovator startup teknologi yang dibina melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dan Inovasi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, akan meramaikan Inovasi Inovator Indonesia Expo (I3E) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 3-6 Oktober 2019.

Menristekdikt Mohamad Nasir menyatakan I3E 2019 ini akan menghubungkan penemu (Inventor), pelaku perubahan atau inovasi (Innovator), pemilik modal (Inventor), serta masyarakat. Pameran I3E 2019 akan dimeriahkan dengan produk-produk inovasi baru dari 396 startup teknologi di tahun 2019.

Juga dari total 1.307 startup yang sudah dibina Kemenristekdikti selama lima tahun terakhir (2014 – 2019). Sebanyak 396 startup ini dinilai sudah mampu menghasilkan produk inovasi yang siap digunakan masyarakat dan industri.

"Namanya Inventor - Innovator - Investor collaboration, jadi kolaborasi di antara mereka. Dalam I3E ini akan difasilitasi business gathering atau match making meeting. Dari pertemuan seperti ini lah kami harapkan munculnya beberapa investor menjadi tertarik," kata Menteri Nasir, Rabu (11/9).

Kemenristekdikti selama lima tahun terakhir sudah membina 1.307 tenants, mencakup 749 tenant startup dalam program PPBT, 558 tenant calon startup dari CPPBT dan 15 tenant Inovasi Industri, yang ketiganya dikelola oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi (Ditjen PI) Kemenristekdikti.

Nasir menargetkan setiap tahunnya terjadi peningkatan 10 persen dari jumlah tenants calon startup program CPPBT menjadi startup teknologi yang dewasa dalam program PPBT.

"Banyaknya Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) ada 548. Nanti diharapkan mereka menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Saya meyakini jika kenaikan 10 persen dari 550 itu terjadi, sudah hebat sekali. Biasanya dari CPPBT menjadi PPBT itu hanya 5 persen, tapi saya targetkan 10 persen. Itu berarti jumlahnya sekitar 50-60 PPBT," tutur Menteri Nasir.

Sikap optimistis Nasir lantaran Kemenristekdikti juga melakukan pendampingan terhadap CPPBT untuk menjadi PPBT. Jadi jumlah 548 CPPBT akan diseleksi ketat dan didampingi melalui sarana konsultasi, untuk menjadi PPBT.

Pameran I3E 2019 akan dimeriahkan dengan produk-produk inovasi baru dari 396 startup teknologi di tahun 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News