Insentif Pajak Super, Vokasi dan R&D Dapat Diskon 300 Persen

Insentif Pajak Super, Vokasi dan R&D Dapat Diskon 300 Persen
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengarakan, pihaknya bakal menerbitkan peraturan menteri keuangan (PMK) yang berisi aturan teknis mengenai insentif pajak di bidang vokasi dan penelitian dan pengembangan (research and development/R&D).

Aturan  teknis yang keluar dalam sepekan ke depan itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha.

”Jadi, nanti pengeluaran mereka (pengusaha) untuk R&D dan vokasi bisa menjadi pengurang pajak, dua sampai tiga kali lipat,” katanya, Selasa (9/7).

BACA JUGA: Realisasi Penerimaan Pajak Boyolali Tertinggi se-Jawa Tengah

Aturan mengenai superdeduction tax tersebut memberikan insentif pajak untuk perusahaan yang menyediakan kesempatan kerja, magang, atau vokasi.

Perusahaan tersebut dapat diberi pengurangan penghitungan penghasilan bruto maksimal 200 persen dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan praktik kerja, pemagangan, dan pembelajaran.

Sementara itu, perusahaan yang melakukan kegiatan R&D di Indonesia juga diberi insentif. Yakni, pengurangan penghitungan penghasilan bruto maksimal 300 persen.

Pengurangan tersebut dihitung dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan R&D dalam waktu tertentu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengarakan, pihaknya bakal menerbitkan peraturan menteri keuangan (PMK) yang berisi aturan teknis mengenai insentif pajak di bidang vokasi dan penelitian dan pengembangan (research and development/R&D).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News