'Inspektur Vijay' Meninggal di Usia 85 Tahun

'Inspektur Vijay' Meninggal di Usia 85 Tahun
Ilustrasi India. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - SOSOK Jagdish Raj Khurana tak bisa lepas dari sejarah industri perfilman India yang diawal kebangkitannya banyak menjual adegan baku pukul. Dialah satu-satunya aktor India yang paling banyak memerankan inspektur polisi. Jumlahnya bukan puluhan tapi sudah ratusan, tepatnya di 144 film.

Tak heran, pengakuan pun tak datang dari India saja. Times of India yang dikutip Senin (29/7) menyebut, Guiness World of Record sampai mencatatkan nama pria kelahiran tahun 1928 itu sebagai satu-satunya aktor di dunia, yang selama kariernya hampir 33 tahun, paling banyak berakting sebagai anggota polisi.

Perjalanan hidup pria 85 tahun kelahiran Sargodha, India Barat (kini Pakistan) terhenti Minggu (28/7) pagi. Jagdish Raj meninggal dunia karena masalah pernafasan yang sudah diidapnya sejak dua tahun terakhir. "Dia meninggal karena serangan pernafasan di rumahnya di Juhu," kata salah satu kerabatnya, Rakesh Malhotra.

Jagdish berperan sebagai anggota polisi sejak tahun 1960 lewat film "Kala Bazaar." Sejak itu aktingnya tak pernah jauh dari peran aparat hukum sampai tahun 1992 di "Khule Aam." Anak perempuan Jagdish Raj, Anita Raj mengikuti jejak sang ayah sebagai pemain film. (pra/jpnn)


SOSOK Jagdish Raj Khurana tak bisa lepas dari sejarah industri perfilman India yang diawal kebangkitannya banyak menjual adegan baku pukul. Dialah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News