Institut Teknologi PLN Mendukung Transisi Energi Menuju Net Zero Carbon

Institut Teknologi PLN Mendukung Transisi Energi Menuju Net Zero Carbon
Acara seminar yang diselenggarakan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) ITPLN dalam rangka dies natalis ITPLN ke-25. Foto: ITPLN

jpnn.com, JAKARTA - Institut Teknologi PLN (ITPLN) berkomitmen untuk ikut andil dalam mendukung transisi energi menuju carbon neutral atau net zero emission.

Hal itu diwujudkan melalui pemahaman seminar yang diselenggarakan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) ITPLN dalam rangka dies natalis ITPLN ke-25.

Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa MK, MT yang menjadi keynote speaker pada seminar mengatakan saat ini net zero emission memang sebuah keniscayaan.

"ITPLN akan menjadi bagian di dalamnya karena anak kandung PLN dan menjadi bagian dari jalan menuju net zero emission," ujar Iwa dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3).

Pada kesempatan tersebut, Executive Vice President Perencanaan Korporat PT. PLN (Persero) Harlen mengatakan saat ini, net zero emission memang perlu digencarkan.

"Apabila upaya yang dimulai dari Paris Climate Agreement tahun 2015 tidak tercapai maka dampak krisis iklim akan sangat membahayakan kehidupan di planet bumi," ungkapnya.

Sebelumnya, PLN juga telah memetakan dan melakukan berbagai upaya extra-ordinary yang akan mereduksi emisi sebesar 98 juta ton CO2 di tahun 2030.

“Paling tidak, untuk mereduksi emisi dari angka 433 juta ton ke 335 juta ton beberapa hal yang menjadi concer PLN ialah co-firing biomass PLTU di 52 lokasi sampai dengan tahun 2025," kata Herlen.

Institut Teknologi PLN (ITPLN) berkomitmen untuk ikut andil dalam mendukung transisi energi menuju carbon neutral atau net zero emission.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News