Insyaallah, Polisi Tak akan Gunakan Senjata Amankan Aksi 299

Insyaallah, Polisi Tak akan Gunakan Senjata Amankan Aksi 299
Ilustrasi polisi. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Aparat kepolisian beserta TNI dan sejumlah instansi terkait menggelar apel pasukan di halaman gedung DPR, Jumat (29/9). Apel pasukan ini untuk mengamankan jalannya Aksi 299 yang diinisiasi oleh Alumni Presidium 212.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto mengatakan, seluruh persiapan sudah matang dan siap untuk mengamankan jalannya aksi demo. "Kami berharap pasukan ini bekerja dengan maksimal, tegas dan terukur,” kata Purwadi.

Dia menjelaskan, selain pengamanan oleh personel, pihaknya juga menyiagakan kendaraan taktis. Lokasi penempatan kendaraan tersebut dilakukan di halaman gedung. “Kendaraan taktis sudah kami siapkan dengan petugas khusus," ujar Purwadi.

Meski aksi ini disinyalir damai, namun Polda Metro Jaya tetap menyiapkan senjata. Menurutnya, dalam undang-undang telah diatur tata cara pengamanan unjuk rasa mulai dari pendekatan persuasif hingga terakhir pengunaan peluru tajam.

Kendati begitu, Purwadi mengharapkan, penggunaan senjata api tidak sampai terjadi. Dia mengimbau, massa berunjuk rasa sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Penggunaan senjata yang terakhir. Insyaallah tidak digunakan. Pendekatan secara humanis tetap jadi prioritas," tandas dia. (mg4/jpnn)


Pendekatan secara humanis tetap jadi prioritas.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News