Integrasi SISKOTKLN ke SIAPKerja Lancar, 48 Ribu CPMI Berangkat ke Luar Negeri

Integrasi SISKOTKLN ke SIAPKerja Lancar, 48 Ribu CPMI Berangkat ke Luar Negeri
Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengatakan 42 ribu PMI sudah berangkat ke luar negeri. Foto: Dok BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah memberangkatkan 48 ribu Calon Pekerja Migran Indonesia atau CPMI ke luar negeri.

Ribuan pahlawan devisa tersebut sebelumnya terancam gagal diberangkatkan lantaran ditutupnya sistem proses penerimaan seleksi BP2MI atas surat edaran dari Kementerian Ketenegakerjaan (Kemnaker) terkait perintegrasian sistem SIAPkerja.

"Jadi sistem SISKOTKLN ini milik BP2MI dan SIAPkerja milik Kemnaker RI, jadi ada kesalahan sistem pengintegrasian", kata Kepala BP2MI, Benny Rhamdani kepada wartawan di Media Center BP2MI, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (5/4).

Adapun penutupan sistem SISKOTKLN BP2MI tersebut dikarenakan ada salah satu pihak dari Kemnaker yang belum siap melakukan perintegrasian sistem.

"Ternyata ada salah satu pihak yang secara implementatif tidak siap. Dampaknya, penutupan SISKOTKLN itu mengancam 48 ribu PMI yang sudah terlanjur berproses," ucapnya.

Menurut Benny, hal tersebut sempat mengancam gagalnya diberangkatkan 48 ribu PMI ke tempat penempatan kerja di Luar Negeri.

"Mereka membayar asuransi memiliki paspor, perjanjian kerja, visa, tiba-tiba digeser pelayanannya ke sistem SIAPkerja dan ini menimbulkan masalah dan ancaman membuat mereka gagal berangkat 48 ribu PMI," ujarnya.

BP2MI pun langsung melakukan kordinasi ke Kemnaker dan hasilnya 48 ribu PMI tersebut bisa diberangkatkan.

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah memberangkatkan 48 ribu Calon Pekerja Migran Indonesia atau CPMI ke luar negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News