Invasi Rusia Hancurkan Ekonomi Eropa, Negara Ini Justru Menikmatinya

Invasi Rusia Hancurkan Ekonomi Eropa, Negara Ini Justru Menikmatinya
Warga Rusia bermigrasi ke Georgia untuk menghindari tekanan ekonomi dan wajib militer. Foto: REUTERS/Irakli Gedenidze/File Photo

jpnn.com, TBILISI - Saat perang mencekik Eropa, sebuah negara kecil yang terjepit di antara Rusia dan Ukraina sedang menikmati ledakan ekonomi yang tak terduga.

Georgia berada di jalur untuk menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia tahun ini menyusul masuknya lebih dari 100.000 orang Rusia secara dramatis sejak invasi Moskow ke Ukraina dan upaya mobilisasi Vladimir Putin untuk menghidupkan rekrutan perang.

Karena sebagian besar dunia terhuyung-huyung menuju resesi, negara berpenduduk 3,7 juta orang yang berbatasan dengan Laut Hitam ini diperkirakan akan mencatat pertumbuhan 10% yang kuat dalam output ekonomi untuk tahun 2022 di tengah ledakan yang dipimpin oleh konsumsi, menurut lembaga internasional.

Itu akan melihat ekonomi sederhana USD 19 miliar, yang terkenal di kawasan itu karena pegunungan, hutan, dan lembah anggurnya, melampaui pasar negara berkembang yang supercharged seperti Vietnam dan eksportir minyak seperti Kuwait yang didukung oleh harga minyak mentah yang tinggi.

"Di sisi ekonomi, Georgia baik-baik saja," Vakhtang Butskhrikidze, CEO bank terbesar di negara itu TBC, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara di kantor pusatnya di Tbilisi.

"Ada semacam ledakan," tambahnya. "Semua industri berjalan sangat baik dari mikro hingga korporasi. Saya tidak bisa memikirkan industri mana pun yang tahun ini bermasalah."

Setidaknya 112.000 orang Rusia telah beremigrasi ke Georgia tahun ini, statistik lintas batas menunjukkan.

Gelombang besar pertama 43.000 tiba setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dan Putin bergerak untuk meredam oposisi terhadap perang di dalam negeri, menurut pemerintah Georgia, dengan gelombang kedua datang setelah Putin mengumumkan upaya mobilisasi nasional pada akhir September.

Di saat negara Eropa lainnya, termasuk juga Rusia, mengalami kesulitan ekomomi akibat perang di Ukraina, negara ini justru mengalami ledakan yang tak terduga

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News