Investasi Berpotensi Melambat Lagi

Investasi Berpotensi Melambat Lagi
Thomas Lembong. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengatakan, pertumbuhan investasi pada triwulan ketiga juga diproyeksi masih lesu.

Namun, penyebabnya bukan ketidakpastian usaha. Melainkan, fokus dunia usaha saat ini berada pada program pengampunan pajak.

”Banyak pengusaha fokus tax amnesty dulu karena satu-satunya kesempatan, yakni seumur hidup, buat mereka berpartisipasi. Jadi, pasti ada investasi yang tertunda,” terangnya.

Para pengusaha mau tidak mau harus memanfaatkan amnesti pajak sebelum klausul pertukaran informasi keuangan berlaku secara global pada 2018. Terkait dengan kondisi investasi yang lesu pada kuartal kedua, menurut Thomas, hal tersebut disebabkan ketidakpastian ekonomi global maupun domestik.

Selain itu, pada kuartal sebelumnya, para pelaku usaha masih berharap-harap cemas dengan aturan amnesti pajak yang belum disahkan. Isu perombakan kabinet juga menjadi salah satu penyebab para pengusaha memilih untuk menunda investasi.

”Kuartal kedua agak istimewa karena ada ketidakpastian orang menunggu reshuffle kabinet, tax amnesty jadi tidak, kaget dengan Brexit, dan peristiwa lain. Jadi, banyak pengusaha wait and see. Menunda investasi, bukan batal ya,” paparnya.

Karena itu, Thomas berharap, dengan berlalunya ketidakpastian tersebut, konfidensi para pelaku usaha bisa kembali. Dengan demikian, mereka tergerak untuk merealisasikan investasi yang sempat tertunda pada triwulan ini.

”Saya berharap, dengan sudah lewatnya ketidakpastian di triwulan kedua, investasi yang tertunda bisa terealisasi,” katanya.

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengatakan, pertumbuhan investasi pada triwulan ketiga juga diproyeksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News