Investasi Rp712 Triliun Antre Masuk

Investasi Rp712 Triliun Antre Masuk
Investasi Rp712 Triliun Antre Masuk
JAKARTA--Indonesia bagai magnet kuat yang terus menarik minat investor. Investor domestik maupun luar negeri pun kini berbondong-bondong antre menanamkan investasi di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri mengatakan, saat ini sudah ada banyak sekali rencana investasi oleh para investor yang tengah diproses di BKPM atau sedang dalam proyek pengerjaan (pipeline). "Yang di-pipeline cukup besar, sampai USD 75 miliar (Rp 712 triliun)," ujarnya dalam seminar di Jakarta, Rabu (28/11).

Rencana investasi sekitar Rp 712 triliun tersebut sebagian diproyeksi akan mulai terlaksana pada 2013. Sedangkan sebagian lainnya diperkirakan baru akan terlaksana pada 2014 atau 2015. "Untuk 2013, realisasinya mungkin sekitar USD 40 miliar (Rp 380 triliun), itu sudah jadi tabungan investasi kita," kata pria yang biasa disapa dengan nama Dede itu.

Perusahaan apa saja yang akan masuk? Chatib mengatakan, dirinya tidak hafal satu per satu karena jumlahnya yang begitu banyak. Namun, dia menyebut bahwa perusahaan pertambangan memegang porsi sekitar 30 persen. "Selain itu, ada pula rencana investasi di industri semen, farmasi, kimia, transportasi, serta manufaktur," sebutnya.

JAKARTA--Indonesia bagai magnet kuat yang terus menarik minat investor. Investor domestik maupun luar negeri pun kini berbondong-bondong antre menanamkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News