Investor Pabrik Baja Diminta Hengkang dari Situs Trowulan

Investor Pabrik Baja Diminta Hengkang dari Situs Trowulan
Investor Pabrik Baja Diminta Hengkang dari Situs Trowulan

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi X DPR, Ade Komarudin meminta investor yang akan membangun pabrik baja di kawasan penyangga situs Keraton Majapahit di Trowulan, Mojokerto, harus hengkang dan mencari lokasi lain.

Dikatakan Ade, dirinya mendukung iklim investasi di daerah, namun tidak boleh merusak kawasan bersejarah. Karena itu dia minta rencana itu dibatalkan. Pemerintah Daerah Mojokerto sudah seharusnya menghargai situs sejarah yang merupakan warisan besar bangsa Indonesia.

"Saya tidak setuju. Membangun pabrik di lokasi situs sejarah, kenapa tidak cari lokasi lain. Mojokerto kan sangat luas," kata Ade ditemui di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (24/10).

Menurut Ade, bangsa Indonesia harus menghargai situs sejarah, dan mencintai sejarah bangsa. Sebagai bangsa yang besar harus punya idealisme dan wawasan kebangsaan. Salah satu caranya dengan menghidupkan situs-situs sejarah untuk menghiasi karakter-karakter kebangsaan.

Untuk itu, pemerintah melalui kepala daerah harus mempunyai karakter dan wawasan sejarah. Tidak lemah sehingga bisa dengan mudah mengeluarkan perijinan investasi dan melupakan situs-situs sejarah.

Ditanya soal kemungkinan kongkalikong dalam penerbitan izin untuk pembangunan pabrik baja itu, Ade enggan berspekulasi. Tapi dia  menyarankan Pemkab Mojokerto mencari lokasi yang tepat dan lokasinya sama-sama menguntungkan.

"Kami harap Pemda bersama investor dapat sepakat mencari lokasi lain. Nanti, anak cucu kita bukan hanya belajar dari kita tapi juga belajar dari sejarah," pintanya. (Fat/jpnn)

 


JAKARTA - Anggota Komisi X DPR, Ade Komarudin meminta investor yang akan membangun pabrik baja di kawasan penyangga situs Keraton Majapahit di Trowulan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News