IOC Soroti Kemunafikan Negara-Negara Penolak Atlet Rusia, Menohok!

IOC Soroti Kemunafikan Negara-Negara Penolak Atlet Rusia, Menohok!
Menpora Zainudin Amali (kiri), Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach (tengah) dan NOC Member Erick Thohir (Kanan). Foto: NOC Indonesia

jpnn.com, JENEWA - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada Kamis membalas kritik pemerintah negara-negara Eropa yang menolak partisipasi atlet Rusia dan Belarus dalam kompetisi-kompetisi internasional.

Bach menyayangkan sikap negara-negara Eropa terhadap atlet Rusia dan Belarus itu yang disebutnya menerapkan standar ganda atas konflik bersenjata lain yang tengah terjadi di berbagai belahan dunia.

"Sangat disesalkan bahwa pemerintah-pemerintah ini tidak menjawab pertanyaan tentang standar ganda yang telah kami kemukakan dalam perundingan kami," ucap Bach dalam konferensi pers.

"Kami belum mendengar satu komentar pun tentang sikap mereka terhadap keikutsertaan atlet yang negaranya terlibat dalam 70 perang dan konflik bersenjata lainnya di dunia."

Dewan Eksekutif IOC pada Selasa merilis rekomendasi yang mengizinkan kembali atlet Rusia dan Belarus tampil dalam berbagai kompetisi internasional, termasuk Olimpiade Paris tahun depan, sebagai atlet netral.

Namun dalam rekomendasinya, IOC melarang atlet yang aktif mendukung perang di Ukraina atau yang dipekerjakan sebagai personel militer Rusia atau Belarus atau badan-badan keamanan nasionalnya.

Akan tetapi, sejumlah pemerintah negara Eropa mengatakan langkah-langkah tersebut tidak cukup. Mereka mendesak IOC agar melarang sepenuhnya partisipasi atlet Rusia dan Belarus.

Bach mengisyaratkan segera membuat keputusan soal keikutsertaan atlet Rusia dan Belarus yang terjadi sekitar setahun sebelum Olimpiade Paris dibuka pada 26 Juli 2024.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada Kamis membalas kritik pemerintah negara-negara Eropa yang menolak partisipasi atlet Rusia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News