IOF Kerahkan Kendaraan Offroad ke Lokasi Tsunami Banten

IOF Kerahkan Kendaraan Offroad ke Lokasi Tsunami Banten
Sebuah mobil tersangkut di reruntuhan usai tsunami Selat Sunda menerjang kawasan Carita, Pandeglang. Foto: Kemensos/AFP

jpnn.com, PANDEGLANG - Irjen Sambudi Gusdian yang baru menjabat Ketua Umum Indonesia Off-Road Federation (IOF) langsung bereaksi menyikapi bencana tsunami yang terjadi di Lampung dan Banten pada Sabtu (22/12) lalu.

Jenderal polisi bintang dua ini telah menugaskan IOF Rescue untuk menjalankan misi kemanusiaan. Sebagai langkah awal, mereka mengirimkan dua unit mobil double cabin serta perahu karet ke Dusun Jaha, Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

“Nanti di sana akan didirikan posko utama IOF Rescue. Tentu setelah berkoordinasi dengan pemda setempat khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga Tim SAR.

Selain dua kendaraan double cabin dan perlengkapan keselamatan, IOF juga berkoordinasi dengan para offroader yang ada di Banten dan DKI Jakarta dan berhasil mengumpulkan 12 kendaraan offroad 4x4 dengan 23 personel.

Menurut Sambudi yang juga mantan Kapolda Kepulauan Riau ini, tim tersebut bakal bergerak ke lokasi yang sulit dijangkau yakni Desa Sumur, Tanjung Lesung dan Camara.

“Ini (kendaraan offroad) untuk memudahkan penyaluran bantuan dan proses evakuasi besok pagi,” kata dia.

Para personel IOF itu nanti akan terus melakukan bantuan hingga masa tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah berakhir. “Selanjutnya misi kemanusiaan akan dilanjutkan teman-teman IOF yang daerahnya terkena bencana,” tandas dia. (cuy/jpnn)


Irjen Sambudi Gusdian yang baru menjabat Ketua Umum Indonesia Off-Road Federation (IOF) langsung bereaksi menyikapi bencana tsunami yang terjadi di Lampung


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News