IPB Luncurkan Varietas Padi Unggul

Berpotensi Menghasilan Gabah Rata-Rata 4-11 Ton/Hektar

IPB Luncurkan Varietas Padi Unggul
IPB Luncurkan Varietas Padi Unggul
JAKARTA - Upaya Institut Pertanian Bogor (IPB) membantu pemerintah mencegah krisis pangan secara resmi dimulai. Tepatnya setelah mereka meluncurkan lima varietas padi unggul kemarin (5/9). Padi varietas unggul ini cocok untuk ditanam di lahan rawa dan persawahan biasa.

 

Direktur Riset dan Kajian Strategis IPB Prof Dr Iskandar Z. Siregar menuturkan, varietas padi untuk lahan rawa adalah, IPB Batola 5R, IPB Batola 6R, dan IPB Kapuas 7R. Selanjutnya varietas padi untuk lahan sawah adalah IPB 3S dan IPB 4S.

"Varietas yang diluncurkan ini dikembangkan oleh Dr Hajrial Aswidinnor dan kawan-kawan," katanya saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (5/9). Peluncuran ini sendiri digelar di kampus IPB Baranangsiang, Bogor.

Iskandar menuturkan, setiap varietas padi unggul itu memiliki ciri khas serta keunggulan masing-masing. Dia mencontohkan untuk padi varietas IPB 3S, memiliki umur tanaman sekitar 112 hari. Rata-rata hasil panen padi varietas ini bisa mencapai 7 ton/hektar (Ha), serta potensi panen mencapai 11,2 ton/Ha.

 

JAKARTA - Upaya Institut Pertanian Bogor (IPB) membantu pemerintah mencegah krisis pangan secara resmi dimulai. Tepatnya setelah mereka meluncurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News