IPB Masuk Universitas Top Dunia

IPB Masuk Universitas Top Dunia
IPB Masuk Universitas Top Dunia
BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk dalam delapan perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia yang masuk daftar universitas top dunia tahun 2010. Berdasarkan peringkat yang dikeluarkan QS World University Rankings, delapan PTN Indonesia tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) di posisi ke-236, Universitas Gadjah Mada (UGM) di posisi 321, Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi 401-450, Universitas Airlangga di posisi 451-500, Institut Pertanian Bogor (IPB) di posisi 501-550, Universitas Diponegoro di posisi 600, Institut Teknologi Sepuluh November di posisi 600 dan Universitas Brawijaya di posisi 601.

Tahun ini, peringkat beberapa PTN di Indonesia merosot dari tahun sebelumnya. Yakni, UI berada di posisi ke-201, UGM (250), ITB (351) dan Unair (401-500). Sedangkan peringkat IPB meningkat dari posisi tahun lalu yakni 501-600.

Pada 2010 ini, peringkat pertama top dunia digantikan Universitas Cambridge, Inggris, yang sebelumnya dipegang Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Menurut Rektor IPB, Prof  Herry Suhardiyanto, hasil pemeringkatan universitas top dunia versi QS World University Rankings ini mencerminkan persaingan peringkatan pada 2010 ini memang lebih ketat. Itu terlihat dari banyaknya PT di Indonesia yang mengalami penurunan peringkat. “Kami bersyukur bisa memantapkan posisi. Kita masuk di posisi 50 terbaik dari kelompok 501-600 terbaik dunia,” ujar  Herry Suhardiyanto.

Saat ditanya upaya yang telah dilakukan IPB sebagai perguruan tinggi kelas dunia, Herry menegaskan, pihaknya konsisten untuk terus membenahi berbagai bidang guna menunjang kinerja. Hal ini dicirikan dengan meningkatnya kinerja dan kualitas riset, kerjasama internasional dan kinerja PT dengan melakukan prima akuntabilitas, yang merupakan bagian dari renstra IPB 2008-2012. “Selain itu, kerjasama dan kerja keras civitas akademika,” tegasnya. (unt)

BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk dalam delapan perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia yang masuk daftar universitas top dunia tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News