Terapkan Sistem SKS di SMP-SMA

IP Tinggi Cepat Lulus

Terapkan Sistem SKS di SMP-SMA
Terapkan Sistem SKS di SMP-SMA
PALEMBANG – Sistem satuan kredit semester atau SKS, seperti di perguruan tinggi, akan diterapkan di jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Penerapan sistem belajar itu dinilai pemerintah memberikan keleluasaan bagi siswa untuk belajar sesuai bakat, minat, dan kemampuan.

Kadisdik Sumsel Drs Ade Karyana MEd mengungkapkan hal itu, melalui Kabid Dikmenti Drs Widodo Med, kemarin. Menurut Widodo, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah mengeluarkan panduan penyelenggaraan sistem SKS untuk tingkat SMP/SMA sederajat. “Tingkat SMP/SMA kategori standar, sistem SKS merupakan pilihan. Sedangkan SMA/MTs mandiri dan standar internasional wajib menjalankan sistem SKS,” tegas Widodo lagi.

Sebetulnya, tambah dia, sekolah mengalami kendala untuk menerapkan sistem SKS. Salah satunya, kultur masyarakat, khususnya yang melekat pada para siswa. “Mereka beranggapan, belajar itu harus tatap muka. Padahal tidak demikian,” jelasnya.

Sistem SKS memakai tiga cara pembelajaran. Yakni tatap muka, terstruktur, dan mandiri. Terstruktur bisa berupa tugas kepada siswa, tapi dengan kontrol dari para guru yang bersangkutan. Sedangkan mandiri, tugas yang dilepaskan kepada siswa masing-masing, tanpa harus pengawasan guru.

PALEMBANG – Sistem satuan kredit semester atau SKS, seperti di perguruan tinggi, akan diterapkan di jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Penerapan sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News