IPW Desak Polisi Tetapkan Tersangka Kasus 'Silet'

IPW Desak Polisi Tetapkan Tersangka Kasus 'Silet'
IPW Desak Polisi Tetapkan Tersangka Kasus 'Silet'
JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, menyayangkan sikap Mabes Polri yang terkesan tidak serius dan lamban mengusut kasus tayangan acara Silet tentang letusan Gunung Merapi Yogyakarta. Seharusnya, kata Neta, jika sudah memenuhi unsur pelanggaran pidana terhadap UU Penyiaran, ada saksi korban dan bukti kuat, polisi bisa langsung menetapkan tersangkanya.

"Inilah budaya polisi kita. Seringkali tiba-tiba tak berdaya menangani kasus semacam ini, bahkan cenderung ada kesan ingin menutup kasusnya. Padahal kasus ini berhubungan dengan kepentingan publik," ujar Neta, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (11/2).

Lebih lanjut, Neta mengungkapkan dua penyebab polisi tidak berdaya. Pertama katanya, kemungkinan adanya intervensi dari pihak yang terkena kasus dengan beragam cara, sehingga polisi tidak independen dan sengaja cenderung menutup-nutupi kasusnya. Penyebab kedua, yaitu minimnya profesionalisme dan tidak adanya pemahaman terhadap kasus ini.

Dalam protap penanganan kasus di kepolisian, kata Neta lagi, jika sudah menyangkut delik pidana, ada barang bukti dan saksi korban, maka sudah menjadi kewajiban polisi memprosesnya secara hukum. "Jika memang proses penyidikan dirasa sudah lengkap, pelapor dan saksi sudah dipanggil, lalu berkas-berkas sudah lengkap, mestinya polisi sudah harus menetapkan tersangka dalam kasus ini. Tidak boleh ragu hanya karena dia seorang pengusaha," tegas Neta.

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, menyayangkan sikap Mabes Polri yang terkesan tidak serius dan lamban mengusut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News