IPW Prediksi 3 Jenderal Ini Bakal Lolos Seleksi Capim KPK

IPW Prediksi 3 Jenderal Ini Bakal Lolos Seleksi Capim KPK
Ketua Presidium IPW Neta S Pane. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) memprediksi tiga dari sekian banyak jenderal polisi yang mengikuti seleksi calon pimpinan KPK bakal lulus hingga tahap akhir.

Tiga orang itu merupakan jenderal yang patuh memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN. Mereka ialah Irjen (Pol) Dharma Pongrekun, Irjen (Pol) Antam Novambar dan Irjen (Pol) Firli Bahuri.

“Dharma dan Antam merupakan figur yang belum pernah menjadi kapolda, sehingga bebas dari kemungkinan komplain masyarakat di daerah. Sedangkan Firli pernah bertugas di KPK sehingga sangat paham dengan dinamika yang terjadi di lembaga antirasuah itu,” kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7).

Neta menilai, banyaknya jenderal polisi yang ikut seleksi capim KPK menunjukkan betapa strategisnya lembaga antirasuah tersebut bagi insan kepolisian. Padahal, di Polri sendiri ada direktorat tindak pidana korupsi yang bisa menjadi tempat mereka mengabdi dan berkiprah.

“Fenomena ini patut dicermati. Meski demikian, IPW berharap pansel bersikap selektif terhadap figur-figur jenderal kepolisian karena bukan mustahil muncul polemik dari tempat mereka pernah bertugas, dulu maupun saat ini,” ujar Neta.

Untuk itu, lanjut Neta, pansel perlu mencari informasi ke tempat mereka pernah bertugas. “Terutama saat mereka menjabat sebagai kapolda agar tidak terjadi salah pilih dalam proses selanjutnya,” ujarnya.

Neta menambahkan, dalam seleksi kali ini, pihaknya fokus mencermati lima hal, yakni banyaknya jenderal polisi yang ikut seleksi, ikutnya tiga petahana pimpinan KPK dalam seleksi, dugaan adanya para petualang pencari kerja yang ikut seleksi, adanya simpatisan partai politik ikut dalam seleksi dan mencermati kemungkinan figur-figur radikal menyusup dalam proses seleksi capim KPK.

BACA JUGA: Pansel Capim KPK Terima 900 Masukan Publik, Isinya Mengejutkan

Dari sekian banyak jenderal yang mengikuti seleksi capim KPK, tiga orang ini termasuk yang patuh memberikan LHKPN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News