Iqbal Hancurkan Citra KPPU

Iqbal Hancurkan Citra KPPU
Iqbal Hancurkan Citra KPPU
JAKARTA - Penangkapan M. Iqbal oleh KPK benar-benar mengagetkan sejumlah kolega sesama anggota KPPU. Iqbal yang selama ini dikenal jujur dan berdedikasi tinggi ternyata justru menghancurkan citra lembaga yang dibentuk sembilan tahun lalu tersebut. ’’Hancur sudah... hancur sudah… hancur sudah citra kami. Habislah sudah KPPU,” ujar anggota KPPU Erwin Syahril kepada Jawa Pos, Selasa (16/9)  tadi malam.

Akibat kesalahan salah seorang anggotanya tersebut, lanjut Erwin, KPPU tidak akan dipercaya lagi menjadi pengawas persaingan usaha yang kredibel. Sebab, keputusan yang diambil KPPU ternyata bisa dibayar dengan sejumlah uang dari pihak tertentu. Meski mengaku bukan salah seorang anggota majelis KPPU yang memeriksa kasus Astro, Erwin menganggap Iqbal tidak sepantasnya menerima duit dari siapa pun terkait kasus yang ditanganinya.

Erwin menduga bahwa pihak yang menyuap Iqbal adalah mereka yang dimenangkan dalam sengketa bisnis televisi berbayar itu. Namun, dia mengaku belum bisa meraba ada faktor kepentingan apa sehingga Iqbal harus disuap. ’’Saya juga masih bingung kepentingannya seperti apa. Tapi, secara etis, kalau terbukti menerima suap, Pak Iqbal harus mundur sebagai anggota KPPU. Meskipun pencopotan anggota KPPU itu urusan presiden,’’ jelasnya.

Ketua KPPU Syamsul Maarif mengatakan belum mengetahui secara jelas kejadian yang menimpa Muhammad Iqbal. Namun, dia mengatakan sudah tahu bahwa salah seorang anggota KPPU ditangkap KPK. Dia akan mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. ’’Saya akan mencoba tanya dulu karena belum mengetahui persis penangkapan tersebut,” katanya.

JAKARTA - Penangkapan M. Iqbal oleh KPK benar-benar mengagetkan sejumlah kolega sesama anggota KPPU. Iqbal yang selama ini dikenal jujur dan berdedikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News