Iran Bantu Korut Luncurkan Roket

Iran Bantu Korut Luncurkan Roket
Iran Bantu Korut Luncurkan Roket
TEHERAN- Tensi di Semenanjung Korea dipastikan bakal kian meninggi. Itu terjadi seiring "provokasi" Iran yang membantu Korea Utara (Korut) menyiapkan peluncuran roketnya di tengah protes keras Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilaporkan harian Jepang Sankei Shimbun Minggu (29/3), 15 orang ahli dari Teheran telah berada di Pyongyang sejak awal Maret. Para ahli tersebut termasuk petinggi senior dari perusahaan pengembang roket dan satelit Iran, Shahid Hemmat Industrial Group.

Mengutip sumber anonim, Sankei Shimbun menyatakan kalau delegasi dari Iran tersebut mengantongi surat resmi dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang ditujukan kepada Pemimpin Korut Kim Jong-il.

"Isi surat itu menekankan pentingnya kerja sama bilateral kedua negara dalam bidang teknologi luar angkasa," tulis Shankei Shimbun, seperti dikutip AFP.

Iran dan Korut dalam bahasa mantan Presiden AS George W. Bush adalah negara-negara "poros setan." Keduanya berada di bawah tekanan internasional terkait program nuklir mereka. Teheran sudah berulang kali menyatakan kalau nuklir mereka dibuat untuk kepentingan damai. Karenanya, negeri tetangga Iraq itu menolak untuk menghentikannya. 

TEHERAN- Tensi di Semenanjung Korea dipastikan bakal kian meninggi. Itu terjadi seiring "provokasi" Iran yang membantu Korea Utara (Korut)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News