Irjen Fakhiri Beri Peringatan Tegas kepada KKB

Irjen Fakhiri Beri Peringatan Tegas kepada KKB
Polisi saat melakukan olah TKP terhadap pesawat Boeing 737-500 yang ditembak KKB. (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri memperingatkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) agar jangan mengganggu penerbangan sipil, apalagi melakukan penembakan pesawat.

"Jangan tembak pesawat sipil karena yang menjadi penumpang bisa saja sanak keluarga kalian," kata Irjen Fakhiri di Jayapura, Selasa (14/3).

Jenderal bintang dua itu menyebut dalam sepekan ini terjadi tiga kali aksi penembakan terhadap pesawat yang dilakukan KKB di Dekai.

Salah satu tembakan KKB bahkan mengenai Pesawat Boeing 737-500.

"Memang tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun dampaknya semua maskapai menghentikan layanan penerbangan ke Dekai," ujarnya.

Irjen Fakhiri mengatakan jika kondisi tersebut terus berlanjut, maka yang rugi adalah masyarakat sendiri, karena aktivitasnya terhambat dan dapat menyebabkan harga melonjak sehingga menyulitkan warga.

Terkait satu warga sipil yang masih ditahan di Polres Yahukimo di Dekai, Kapolda Papua mengakui yang bersangkutan hingga kini masih ditahan.

Dia menyebut pemeriksaan terhadap pemuda berinisial EG (23) masih terus dilakukan guna mengetahui siapa pelaku penembakan.

Kapolda Papua Irjen Fakhiri menyampaikan peringatan tegas kepada KKB yang menembaki pesawat sipil. Begini kalimatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News