Irman Gusman: DPR Ingin DPD jadi Tukang Stempel

Irman Gusman: DPR Ingin DPD jadi Tukang Stempel
Irman Gusman: DPR Ingin DPD jadi Tukang Stempel
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan, dalam perjalanan sejarahnya, DPR selama hampir 30 tahun pernah berperan hanya sebagai tukang stempel dari suatu rezim yang otoriterian. Pengalaman buruk DPR itu, menurut Irman Gusman, sepertinya akan diberlakukan terhadap DPD.

"Pasca-reformasinya saja DPR itu terlihat memiliki kewenangan. Sebelumnya, pada pemerintahan otoriterian, DPR hanya bertugas sebagai tukang stempel atas kehendak penguasa," kata Irman Gusman, di press room DPR, Senayan Jakarta, Kamis (12/4).

Pengalaman pahit-getirnya jadi stempel penguasa tersebut, lanjut Irman Gusman, sepertinya bakal diterapkan DPR kepada DPD dengan cara mempersempit ruang-gerak DPD untuk mengusung amandemen konstitusi, terkait dengan kewenangan DPD sebagai wakil daerah.

Memperhatikan gejala dan perkembangan yang tidak baik terhadap proses demokrasi tersebut, lanjutnya, DPD tengah menyiapkan upaya hukum berupa permohonan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap pasal-pasal yang berkaitan dengan kewenangan DPD.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan, dalam perjalanan sejarahnya, DPR selama hampir 30 tahun pernah berperan hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News