Premier League

Ironi MU, Gaji Paling Besar, Prestasi Masih Tertatih-tatih

Ironi MU, Gaji Paling Besar, Prestasi Masih Tertatih-tatih
Para pemain Manchester United melakukan selebrasi. Foto: AFP

jpnn.com, MANCHESTER - Manchester United menjadi tim dengan pengeluaran gaji tahunan terbesar Premier League musim ini. Menurut Global Sports Salaries Survey yang dilakukan Sporting Intelligence, rata-rata gaji yang harus dibayar manajemen United adalah GBP 6.534.654 (Rp 121 miliar) per pemain.

Nominal tersebut berselisih cukup jauh dari rival sekota Manchester City yang jadi runner-up dengan 'hanya' membayar GBP 5.993.000 (Rp 110,9 miliar).

"Kami pikir musim keduanya bisa mendapat prestasi terbaik bercermin dari jumlah uang yang dikeluarkan untuk gaji. Nyatanya, City kampiun Premier League dengan total gaji (semua elemen klub, Red) sebesar GBP 260 juta (Rp 4,81 triliun) sedangkan United yang gagal total tetapi tetapi membayar GBP 296 juta (Rp 5,48 triliun)," tulis Sporting Intelligence seperti dilansir CNBC.

Parahnya, prestasi tim polesan Jose Mourinho itu masih berlanjut musim ini. The Red Devils masih tertatih di posisi ketujuh dengan 21 poin hasil dari 13 matchweek Premier League. Sedangkan City nyaman di puncak klasemen dengan 14 poin lebih banyak.

Untuk urusan pemain dengan nominal gaji tertinggi per pekan, United juga mendominasi. Kemarin, FOX Sports merilis bahwa tiga dari enam pemain dengan bayaran terbesar semuanya penggawa United.Mereka adalah Romelu Lukaku dengan GBP 250 ribu (Rp 4,6 miliar), Paul Pogba GBP 290 ribu (Rp 5,37 miliar), dan Alexis Sanchez GBP 315 ribu (Rp 5,83 miliar).

Dari tiga pemain tersebut, Alexis yang paling disorot. Meski bergaji selangit, kontribusinya kepada tim sangat minim. Sejak didatangkan dari Arsenal di paro musim lalu, eks pemain Barcelona itu hanya membukukan 30 pertandingan dengan mencetak empat gol plus tujuh assist.

Di Premier League musim ini, winger 29 tahun tersebut bahkan hanya 5 kali starter dari 10 penampilan. Total, Alexis hanya tampil 12 laga musim ini dan mencetak 1 gol. Kondisi fisik yang kedodoran membuat Mou menepikan pemain termahalnya itu.

Bahkan, dalam sepekan terakhir santer beredar info bahwa Alexis sudah tidak betah di United dan ingin hengkang di bursa transfer Januari nanti. Meski begitu, pelatih berkebangsaan Portugal tersebut masih membutuhkannya, setidaknya di sisa musim ini.

Rata-rata gaji yang harus dibayar manajemen Manchester United adalah Rp 121 miliar per pemain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News