Irwan Apresiasi Peluncuran Aplikasi LIBAT untuk Layanan Kepelabuhan di Bontang

Irwan Apresiasi Peluncuran Aplikasi LIBAT untuk Layanan Kepelabuhan di Bontang
Anggota Komisi V DPR Irwan Fecho (dua dari kanan) saat peluncuran aplikasi LIBAT di Bontang. Foto: dokpri Irwan

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho mengapresiasi peluncuran aplikasi LIBAT yang dikembangkan oleh PT Lintas Internasional Berkarya (LIB) selaku mitra Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna mendukung sistem Inaportnet.

Aplikasi itu merupakan sistem pelayanan yang terintegrasi dengan Inaportnet, sebuah platform digital yang digunakan oleh pelaku usaha di sektor kepelabuhanan.

Dengan menggunakan LIBAT, PT LIB dapat memberikan kemudahan pelayanan dan pencatatan kegiatan yang tertata dengan baik, real time, efisien, dan auditable, serta memudahkan komunikasi antarpelaku bisnis pelayaran di Indonesia.

Irwan menilai sistem LIBAT sejalan dengan meningkatnya kegiatan pelayaran di Indonesia dan tantangan global serta digitalisasi yang telah menjadi kebutuhan dalam Industri 4.0.

"Komisi V DPR yang bermitra dengan Kementerian Perhubungan terus membahas dan mendiskusikan bagaimana bisnis pelayaran di Indonesia bisa terus berkembang dan berstandar internasional," ucap Irwan saat menghadiri Go Live Sistem LIBAT di Bontang, dikutip dari siaran pers, Kamis (27/7).

Dia menyampaikan bahwa kegiatan pelayaran sendiri merupakan aspek penting di negara maritim seperti Indonesia untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

Oleh karena itu, dia berharap sistem LIBAT bisa memberikan nilai tambah bagi kegiatan pelayaran, mempercepat birokrasi pelayanan kepelabuhan sehingga tercipta ekosistem bisnis yang baik.

"Harapan kami sistem segera digunakan oleh setiap pelaku bisnis pelayaran yang ada di Indonesia dan terus dikembangkan di tempat lain sehingga tercipta industri 4.0 dalam bisnis pelayaran di Indonesia," tutur Irwan.

Anggota Komisi V DPR Irwan Fecho apresiasi peluncuran aplikasi LIBAT oleh mitra Kemenhub untuk layanan kepelabuhan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News