ISIS Klaim Serangan Mematikan di Parlemen Iran

ISIS Klaim Serangan Mematikan di Parlemen Iran
Polisi Iran mencoba melindungi dan mengevakuasi anggota parlemen Iran saat serangan berlangsung, Rabu (7/6) pagi waktu setempat. Foto: AFP

jpnn.com, TEHRAN - Parlemen Iran dan makam pemimpin Iran Ruhollah Khomeini di Teheran, Iran, diserang kelompok bersenjata, Rabu (7/6) pagi waktu setempat. Aksi ini menewaskan beberapa orang, melukai lainnya, dan beberapa anggota parlemen dibawa sebagai sandera.

Insiden itu berawal ketika empat orang lelaki bersenjata masuk kompleks parlemen dengan pistol dan senapan. Salah seorang di antaranya, kemudian meledakkan bom di lantai empat. Kantor berita ISNA melaporkan, setidaknya lima orang tewas dalam kejadian di parlemen ini.

Tidak jelas bagaimana para pelaku bisa melewati penjaga untuk masuk gedung parlemen. Saksi mata mengatakan pelaku main tembak dengan menembaki orang yang ada di luar dari lantai empat. ”Saya pikir ada anak-anak yang bermain dengan kembang api. Namun saya baru sadar ketika orang-orang bersembunyi dan sebagian dari mereka tergeletak di jalan,” kata Ebrahim Ghanimi kepada AFP.

Serangan di parlemen itu kemudian berlanjut setengah jam setelahnya di kompleks makam Khomeini. Sekitar tiga sampai empat orang masuk lokasi makam dari pintu masuk barat. Di sana mereka memberondong peluru. Setelah itu, seorang pelaku bom bunuh diri, diduga perempuan, meledakkan bom yang terpasang di pinggangnya. Seorang penjaga dan tukang kebun dikabarkan terbunuh.

Kementerian Intelejen Iran mengatakan kalau mereka berhasil menggagalkan serangan ketiga. ”Anggota kelompok ketiga kami tahan sebelum melakukan serangan lanjutan,” ujar pernyataan kementerian yang dirilis media.

Kabar terbaru menyebutkan, serangan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini, meski aparat berwenang belum mengonfirmasi. (theguardian/bbc/cnn/tia/jpk)


Parlemen Iran dan makam pemimpin Iran Ruhollah Khomeini di Teheran, Iran, diserang kelompok bersenjata, Rabu (7/6) pagi waktu setempat. Aksi ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News