Islandia Pilih Lesbian jadi Perdana Menteri

Islandia Pilih Lesbian jadi Perdana Menteri
Johanna Sigurdardottir Foto: AP
REVKJAVIK – Kemelut politik Islandia mendatangkan berkah bagi Johanna Sigurdardottir. Mantan pramugari yang terakhir menjabat Menteri Sosial dan Keamanan Sosial itu terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Negeri Skandinavia tersebut. Rencananya, politikus lesbian itu akan dilantik sebagai kepala pemerintahan akhir pekan ini.

Sigurdadottir bakal menjadi PM lesbian pertama di dunia. Dia menggantikan Geir Hilmar Haarde yang mengundurkan diri pekan ini. Perempuan 66 tahun itu ditunjuk oleh Aliansi Sosial Demokrat, karena Ingibjörg Sólrún Gísladóttir, ketuanya, tidak mampu membentuk pemerintahan baru. The Independent melaporkan, saat ini Gísladóttir sedang menjalani perawatan medis.

”Sejumlah polling telah beberapa kali menominasikan Johanna (Sigurdardottir) sebagai pemimpin paling populer di Islandia,” ujar salah seorang sumber pemerintah kemarin (29/1).

Dia melanjutkan, saat ini, Johanna merupakan sosok yang paling bisa dipercaya di negara yang tengah mengalami krisis kepercayaan akibat deraan krisis finansial tersebut. Dengan memilih dia, pemerintah akan belajar membangun kepercayaan kembali.

REVKJAVIK – Kemelut politik Islandia mendatangkan berkah bagi Johanna Sigurdardottir. Mantan pramugari yang terakhir menjabat Menteri Sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News