Israel Bakal Main di Indonesia saat Piala Dunia U-20, HNW Singgung Sikap Bung Karno

Israel Bakal Main di Indonesia saat Piala Dunia U-20, HNW Singgung Sikap Bung Karno
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW. Foto Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut Indonesia seharusnya bisa mengacu kebijakan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno menyikapi bakal tampilnya Israel dalam Piala Dunia U-20 2023.

Diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Sikap yang paling baik adalah Indonesia melanjutkan sikap yang dahulu ditunjukkan Bung Karno," kata HNW saat dihubungi, Selasa (28/6).

Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan Indonesia pada 1958 atau era kepemimpinan Bung Karno tidak mengakui Israel karena negara Zionis itu menjajah Palestina.

Menurut HNW, timnas sepak bola Indonesia pun berani mengambil sikap dengan tidak mau bertanding melawan Israel saat fase kualifikasi Piala Dunia 1958 di Swedia.

Sebab, Indonesia menganggap Israel negara penjajah dan tidak mengakui kemerdekaan Palestina.

Alhasil, kata pria kelahiran Jawa Tengah itu, Indonesia yang sebenarnya punya peluang besar mentas di Piala Dunia, tidak lolos ke hajatan sepak bola terakbar level negara.

Menurut HNW, sikap Indonesia ketika itu sudah sesuai konstitusi tentang kewajiban negara bergerak aktif menghapus penjajahan di dunia.

Wakil Ketua MPR RI HNW mengatakan Indonesia pada 1958 atau era kepemimpinan Bung Karno tidak mengakui Israel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News