Israel Makin Biadab, Malaysia Salahkan Negara-Negara Barat

Israel Makin Biadab, Malaysia Salahkan Negara-Negara Barat
Para pengunjuk rasa Palestina membakar ban setelah pasukan Israel menyerbu kamp pengungsi di Kota Jenin, Tepi Barat, (9/4/2022). Seorang warga Palestina tewas dan sedikitnya 10 lainnya terluka pada Sabtu (9/4) setelah pasukan Israel menyerbu kamp pengungsi Palestina Jenin di Tepi Barat utara, menurut saksi mata. Foto: ANTARA FOTO/Xinhua/Ayman Nobani/aww

jpnn.com, PUTRAJAYA - Malaysia mengkritik sikap diskriminatif negara-negara Barat yang kerap mengecam konflik di negara-negara lain tetapi melindungi rezim Israel dari tanggung jawab atas tindakan mereka terhadap penduduk Palestina.

Kritik tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir dalam Pertemuan Komite Gerakan Non-Blok (GNB) terkait Palestina di Baku, Azerbaijan, yang dihadiri 15 anggota komite itu pada Rabu (5/7), menurut sebuah pernyataan pada Jumat.

Dalam pertemuan itu, Zambry juga menyampaikan sejumlah isu, termasuk keprihatinan terhadap situasi terkini di Palestina, yang menelan banyak korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak, dan menghancurkan infrastruktur.

Ia juga mengecam insiden terkini di Kota Jenin, Tepi Barat, yang melibatkan pembunuhan warga sipil Palestina oleh rezim Israel.

Zambry mendesak negara-negara anggota GNB untuk terus bersatu dalam mempertahankan sikap terkait Palestina, serta mengecam kekejaman dan kebijakan apartheid rezim Israel.

Pendirian Malaysia masih sama, kata dia, yaitu mengakui hak masyarakat Palestina untuk memiliki negara sendiri yang merdeka dan berdaulat seperti negara-negara merdeka lainnya di dunia.

Militer Israel pekan ini melakukan operasi militer --terbesar dalam lebih dari 20 tahun-- di Kota Jenin, wilayah pendudukan Tepi Barat.

Sekitar 12 warga Palestina tewas, termasuk lima anak, dan lebih dari 140 orang terluka dalam serangan itu, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. (ant/dil/jpnn)

Kritik tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir dalam Pertemuan Komite Gerakan Non-Blok (GNB) terkait Palestina


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News